oleh

Zulkarnain Masuk 3 Besar Hasil Survei IndexPolitica Jelang Pilkada Kabupaten Tangerang

PATRAINDONESIA.COM (Tangerang) – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tangerang 2024 semakin memanas dengan kemunculan nama-nama calon Bupati yang mengejutkan.

Diantara para calon tersebut, nama Zulkarnain, yang maju melalui jalur independen, muncul sebagai salah satu dari tiga besar dalam survei elektabilitas yang dirilis Lembaga Index Politica beberapa hari lalu.

Menurut survei tersebut, Zulkarnain bersaing ketat dengan dua nama besar lainnya, yaitu mantan Wakil Bupati Tangerang Mad Romli dan Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Maseyal Rasyid.

Keduanya memiliki latar belakang kuat di lingkaran politik daerah dan maju melalui jalur partai politik. Kemunculan Zulkarnain di antara mereka menandai dinamika baru dalam politik Kabupaten Tangerang.

Direktur Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul, menganggap hasil survei ini sebagai bukti bahwa peta politik di Kabupaten Tangerang masih sangat dinamis.

“Kehadiran Zulkarnain sebagai kandidat independen di posisi tiga besar merupakan lompatan besar dalam kancah politik daerah,”ujar Adib saat di hubungi awak media pada Sabtu (18/5/2024).

Adib menambahkan, tingginya elektabilitas Zulkarnain menunjukkan bahwa masyarakat Kabupaten Tangerang mungkin sudah jenuh dengan kandidat yang berafiliasi dengan partai politik.

“Hasil survei ini bisa jadi indikasi bahwa masyarakat membutuhkan tokoh baru yang tidak terikat dengan partai politik, sebagai respons terhadap apatisme yang tinggi terhadap politik transaksional,”katanya.

Menurut Adib, apatisme politik di Kabupaten Tangerang tercermin dalam survei ini.

“Publik mungkin sudah lelah dengan politik yang penuh transaksi. Ini tercermin dalam dukungan terhadap Zulkarnain,” imbuhnya.

Selain itu, Adib juga menyoroti kegagalan partai politik dalam merekrut kader yang bisa mengatasi kebosanan publik.

“Kemunculan Zulkarnain sebagai calon independen bisa dilihat sebagai tanda bahwa kaderisasi partai politik belum berhasil memenuhi harapan masyarakat. Ini membuat Zulkarnain yang berani melawan arus politik konvensional mendapat perhatian dan dukungan,”jelasnya.

Lebih lanjut, Adib berpendapat bahwa Zulkarnain bisa menjadi simbol harapan baru bagi publik Kabupaten Tangerang.

“Jika tren survei ini berlanjut hingga pendaftaran, Zulkarnain tidak bisa dipandang sebelah mata. Dia bisa menjadi tokoh politik baru yang menantang dominasi partai politik,”tandas Adib.

Kehadiran Zulkarnain dalam tiga besar survei Pilkada Kabupaten Tangerang 2024 memang menarik untuk disimak. Apakah ini pertanda perlawanan terhadap hegemoni partai politik atau sekadar dinamika sementara, hanya waktu yang bisa menjawab. Yang pasti, kehadiran kandidat independen ini membawa angin segar dalam politik daerah dan menjadi perhatian serius bagi para pesaingnya. (Marully/Red/PI).

Loading