oleh

Puluhan Kapal di Pelabuhan Jongor Terbakar. Karena Angin Kencang, Api Sulit Dikendalikan.

PATRAINDONESIA.COM (Tegal) – Kebakaran hebat menghanguskan puluhan kapal yang bersandar di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tegalsari atau Pelabuhan Jongor, Kota Tegal, Jawa Tengah. Kebakaran itu terjadi pada Senin (14/8/2023) sejak pukul 19.00 WIB. Hingga pukul 23.00 WIB api yang berkobar itu belum berhasil dijinakkan.

Petugas gabungan pemadam kebakaran tampak kewalahan memadamkan api yang berkobar justru kian membesar karena dihembus angin laut yang layan kencang.

Celakanya, kobaram api yang sulit dikendalikan itu diperparah oleh keadaan di mana puluhan kapal berderet saling berdekatan. Dan kapal-kapal tersebut tidak bisa dipindahkan oleh karena kondisi air laut yang sedang surut.

Sejumlah anggota Forkompimda Kota Tegal pun tampak meninjau lokasi kejadian. Di antaranya, Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Ketua DPRD Kusnendro, hingga Danlanal Letkol Mar M Chanan Asfihani.

Belum diketahui penyebab pasti kebakaran kapal yang sedang bersandar itu. Hingga pukul 21.00 WIB, petugas gabungan masih berupaya melakukan pemadaman api

Kepada media, seorang warga yang berada di sekitar lokasi mengatakan, awalnya api menyala dari salah satu kapal yang bersandar. Posisinya tak jauh dari Stasiun Pengisian BBM Nelayan (SPBN) KUD Karya Mina.

Kondisi angin yang bertiup cukup kencang membuat api cepat merambat ke kapal lainnya. Sehingga api sulit untuk dipadamkan. (*/Red/PI)

Loading