oleh

Dampak Gempa Yogya, 137 Titik Kerusakan. Satu Orang Meninggal Dunia

PATRAINDONESIA.COM (Yogyakarta) – Guncangan gempa 6,4 magnitudo di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya menelan ratusan rumah dan bangunan jadi korban.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul memperbaharui data dampak bencana Gempa bumi yang berpusat di 86 Kilometer barat daya Kabupaten Bantul pada Jumat (30/06) tadi malam.

Gempa dengan kekuatan 6,4 magnitudo tersebut terjadi pada pukul 19.57 WIB.

Guncangannya terasa di seluruh wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul, Sumadi mengungkapkan data terbaru dampak kerusakan gempa bumi tersebut.

Khusus wilayah Gunungkidul, tercatat ada sebanyak 91 titik lokasi yang mengalami kerusakan dan 2 warga mengalami luka-luka. Tidak ada korban jiwa. Demikian ungkap Sumadi, Sabtu (01/07/2023) pagi.

Ia merinci, kerusakan untuk bangunan rumah mencapai 73 unit, fasilitas pemerintahan rusak 8 unit, tempat ibadah rusak 7 unit, fasilitas pendidikan, gedung fasilitas umum, dan kandang ternak masing-masing satu titik.

Sementara itu, dua korban luka-luka telah dirujuk menuju Rumah Sakit PKU Wonosari dan RSUD Wonosari.

Sementata untuk seluruh wilayah Yogyakarta, TRC BPBD DIY mencatat hingga dini hari tadi tercatat 137 unit kerusakan.

“Total dampak (kerusakan gempa) wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta 137 unit,” kata Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD DIY Wahyu Pristiawan Buntoro kepada wartawan, Sabtu (1/7/2023).

Pristiawan merinci dari 137 unit kerusakan itu meliputi 106 rumah rusak baik ringan maupun sedang. Kemudian 12 unit fasilitas perkantoran rusak, 5 unit fasilitas ibadah rusak, 3 unit fasilitas usaha, 2 unit fasilitas kesehatan, dan 3 unit kandang ternak.

“Kerusakan juga terjadi 1 jaringan listrik rusak ringan, 1 tiang listrik rusak ringan, dan 2 travo listrik rusak ringan,” jelasnya.

Korban luka ada 9, rinciannya 5 di Bantul, 2 di Gunungkidul, 1 di Sleman dan 1 di Kulon Progo. Selanjutnya 1 korban meninggal dunia ada di Bantul. Penyintas 5 KK di Padukuhan Kuwon Kidul, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul,” bebernya.
(*/Red/PI)

 

Loading