oleh

Billiard, Olahraga yang Serius dan Bermanfaat bagi Pendewasaan Anak

PATRAINDONESIA.COM – Biliar di Slovenia bukanlah salah satu olahraga yang akan dibicarakan secara berlebihan. Mitja Gradišnik, presiden Asosiasi Biliar Slovenia, telah mencoba mengubah hal ini dalam beberapa tahun terakhir.

Gradišnik yang berusia 43 tahun berprofesi sebagai pengacara dan bekerja sebagai pengacara selama bertahun-tahun, tetapi ketika dia jatuh sakit karena kanker darah dan menjalani satu setengah tahun terapi yang sulit, dia menetapkan prioritas yang berbeda dalam hidupnya.

Dia melepaskan pekerjaan sebelumnya dan mengabdikan dirinya sepenuhnya pada biliar.

“Saya memutuskan untuk mencoba memberikan sesuatu kembali ke olahraga yang memberi saya segalanya dalam hidup. Saya telah bermain biliar sejak usia sembilan tahun dan telah membantu saya mengatasi banyak kesulitan hidup sebagai seorang anak. Jadi saya melakukan apa yang harus dilakukan oleh setiap atlet top lebih lambat dari sebelumnya, “kata Mitja Gradišnik, yang sangat senang bekerja dengan anak muda.

Dalam delapan tahun, dia membangun tim yunior yang menjanjikan hasil luar biasa melalui kerja sistematis. Itulah sebabnya asosiasi biliar, bekerja sama dengan Thermana Laško, juga memutuskan untuk menyelenggarakan Kejuaraan Pemuda Eropa.

Segera setelah berakhir, akan ada kompetisi anggota dari seri tur Euro, liga biliar terkuat di dunia.

Seberapa penting Kejuaraan Junior Eropa dan kompetisi keanggotaan Tur Euro?

Kejuaraan Pemuda Eropa adalah kompetisi peringkat tertinggi di Eropa. Seri tur Euro adalah liga Eropa terkuat. Bahkan menurut saya liga dunia terkuat untuk anggota biliar.

Ini juga berfungsi sebagai skala kekuatan yang memungkinkan Anda lolos langsung ke Piala Dunia. Ini terbuka untuk semua pesaing di dunia, dan sebagian besar peserta hanya profesional.

Antara 30 dan 35 negara secara teratur ambil bagian dalam Kejuaraan Pemuda Eropa, dan sekitar 200 pesaing akan ambil bagian dalam rangkaian tur Euro di Laško.

Bagaimana situasi di biliar di Slovenia?

Biliar di Slovenia berada pada level yang relatif tinggi. Kami tidak memiliki banyak pesaing terdaftar, dari 90 hingga 120.

Tetapi kami memiliki beberapa individu yang luar biasa. Dan pada saat yang sama tim nasional muda yang luar biasa. Di antara para anggota, yang terbaik adalah Matjaž Erčulj, yang memenangkan medali perunggu di Kejuaraan Eropa tahun 2005.

Di antara para wanita, saudari Ana Gradišnik menonjol, yang baru-baru ini memenangkan seri Tur Euro untuk wanita dan memiliki cukup banyak medali dari kejuaraan Eropa.

Dia juga sudah berada di urutan ke-16 di Kejuaraan Dunia. Singkatnya, itu ada di puncak dunia. Lalu ada Matej Brajkovic, wakil atlet disabilitas yang memiliki 10 medali dari kejuaraan Eropa.

Bagaimana dengan biliar di dunia?

Ini adalah olahraga yang sangat populer yang dimainkan oleh banyak orang di tingkat rekreasi dan profesional. Dia telah berjuang selama bertahun-tahun untuk menjadi disiplin Olimpiade, tetapi dia belum berhasil.

Namun, ini adalah olahraga yang diakui Olimpiade, yang memberinya banyak bobot. Ada berbagai macam kompetisi di seluruh dunia.

Namun, ini bukan arus utama, jadi hadiah uang tunai juga tidak besar. Ini dicadangkan untuk olahraga paling populer, dan kami berbagi nasib dengan olahraga kecil yang menerima lebih sedikit dana dari sponsor dan negara.

Perasaan snooker lebih populer daripada biliar.

Tunggu? Snooker lebih terekspos ke media, dan ini karena tradisi di Inggris, di mana mereka membuat terobosan besar di tahun 1980-an dengan mendapatkan sponsor tembakau yang sangat kuat.

Ini diperbolehkan pada saat itu, dan dengan itu datanglah sejumlah besar uang, siaran televisi, dan paparan media. Ada banyak uang di snooker, individu terbaik adalah jutawan.

Mereka memainkannya kebanyakan di negara-negara Persemakmuran. Sekarang juga terbangun di Asia dan sebagian di Eropa. Namun dalam hal jumlah, biliar Amerika jauh di depan snooker.

Kita berbicara tentang ratusan juta pemain biliar terdaftar, jika kita melihat skala dunia.
(*/Red/PI)

 

Loading