oleh

Viral! Kepala Desa Merangkap Ketua Ormas Intimidasi Warga yang Laporkan Pungli di sekolah Negeri Kebumen

PATRAINDONESIA.COM-KEBUMEN, –Video memperlihatkan sekelompok orang berpakaian ormas Pemuda Pancasila mendatangi rumah warga di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, dan menjadi viral di media sosial.

Dalam video tersebut, terlihat seorang anggota Pemuda Pancasila bernama Supono, yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Menganti, terlibat dalam adu mulut dengan Sugiyono.

Sugiyono, yang merupakan anggota LSM, sebelumnya melaporkan adanya dugaan pungutan liar di sebuah sekolah dasar di Kecamatan Petanahan ke Polres Kebumen.

Namun, langkah Sugiyono ini mendapatkan tentangan keras dari Supono. Dalam perdebatan yang terekam video, Supono terlihat marah dan menuntut Sugiyono serta orang tua siswa yang melapor untuk meninggalkan Desa Menganti jika laporan tersebut tidak dicabut.

Laporan yang diajukan Sugiyono, anggota dari DPC Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) Kresna Cakra Nusantara, adalah respons atas keresahan orang tua murid terkait dugaan pungli di SD tersebut.

Sugiyono menegaskan tidak akan menarik kembali laporannya meskipun dihadapkan pada ancaman.

Supono, dengan didukung oleh beberapa rekannya dari ormas Pemuda Pancasila, berusaha menyelesaikan masalah tersebut secara kekeluargaan dan menghindari jalur hukum.

“Ini rumah di sini kamu ngontrak, tapi kamu sering bikin masalah. Kalau masih bisa dirembukin, ayo dirembukin, jangan main hukum kayak gitu,” ujar Supono dalam video tersebut.

Meskipun demikian, Sugiyono menekankan bahwa sebagai anggota Pemuda Pancasila, seharusnya Supono mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan mendukung pelaporan pungli yang terjadi.

“Saya sampai kapanpun tidak akan mencabut laporan itu,” tegas Sugiyono.

Video yang diunggah oleh akun @kabarnegri ini menuai berbagai reaksi dari netizen. Banyak yang mengutuk tindakan intimidasi tersebut dan menyerukan agar tindakan tegas diambil terhadap Supono.

“Para netizen, silahkan tunjukkan kekuatan, soliditas, dan kesaktian kalian. Cari, temukan dan buat Supono meringkuk di penjara karena berani mengancam dan membuat resah masyarakat,” tulis akun @ypramono09.

Loading