oleh

Festival Al-Adzhom 2024: Elfiza Boutique Produksi Batik Tangerang

-UMKM-9 Dilihat

PATRAINDONESIA.COM, (Tangerang) – Gelaran seni dan budaya serta stand produk-produk UMKM mewarnai acara festival Al-Adzhom. Salah satunya adalah produk batik koleksi dari Elfiza Boutique yang menempati stand persis sisi kiri Masjid Raya Al-Adzhom

Acara festival Al-Adzhom yang digelar dari tanggal 6-17 Juli 2024 di kota Tangerang merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya, oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bekerja sama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI).

Pemilik butik Elfiza Elya Murni ketika diwawancara menerangkan bahwa butiknya memiliki koleksi batik ciri khas tersendiri, yaitu motif batik yang bernuansa kota Tangerang.

“Kita punya produk batik khas Tangerang, yang kita olah dengan bermacam budaya, tujuannya apa, supaya Tangerang juga punya batik. Tidak Pekalongan saja, tidak Jogja saja, dan Tangerang juga punya batik yang berbentuk ciri khas wilayah kita tersendiri. Contoh perahu naga, ada jembatan sepuluh yang pintu air itu pak. Dan ciri khas kedua adalah lenggang Cisadane dan jembatan kaca,” ujar Elya menerangkan.

Sekedar informasi, bahwa motif batik-batik tersebut di produksi dengan bekerja sama kepada para pengrajin batik dan pelukis batik, dengan memakai alat canting. Setelah motif design jadi maka kemudian diproduksi menjadi bahan, kemudian kita jahit menjadi baju yang disesuaikan dengan tema dan nuansa motif batik tersebut.

Selain memproduksi batik, gerai butik Elfiza juga menyediakan berbagai kebutuhan perhiasan aksesoris untuk para pria dan wanita. Seperti kopiah rajut, batu-batu permata dari Kalimantan, perhiasan mutiara dari Lombok, serta perak yang diproduksi secara homemade oleh para pelaku UMKM pengrajin rumahan.

Hal ini dilakukan agar anak-anak yang putus sekolah atau ibu-ibu rumah tangga yang tidak memiliki kegiatan. Mereka diberikan pelatihan, sehingga terciptanya lapangan pekerjaan dan penghasilan tambahan tentunya.

Festival Al-Adzhom menyisakan satu hari lagi pelaksanaan dengan malam puncak pada hari Rabu tanggal 17 Juli 2024. (Guskur/Red/PI)

Loading