oleh

BINUS-ASO: Satu Dekade Menjadi Pelopor Engineer Masa Depan

PATRAINDONESIA.COMTANGERANG-Di tengah era digital yang berkembang pesat, industri terus menyesuaikan kebutuhan mereka akan insinyur dengan keterampilan yang lebih beragam.

Kini, seorang insinyur harus mahir dalam literasi dan analisis data, berpikir kritis, mampu memecahkan masalah dengan kreatif, serta berfokus pada kepuasan pelanggan.

Merayakan satu dekade berdirinya, BINUS-ASO School of Engineering (BINUS-ASO) menggelar acara bertajuk “A Decade in Shaping Future Engineering Leaders” pada 28-29 Juni 2024 di kampus BINUS @Alam Sutera, Tangerang.

Acara ini dihadiri oleh Managing Director BINUS-ASO, Mr. Koichi Ito, dan menyoroti pencapaian serta visi masa depan institusi ini.

Didirikan pada 2014 sebagai hasil kolaborasi antara BINUS UNIVERSITY (Indonesia) dan ASO College Group (Jepang), BINUS-ASO telah menunjukkan dedikasinya dalam mencetak lulusan berkualitas di bidang teknik.

Prof. Fergyanto E. Gunawan, Dr. Eng, Dekan Binus ASO School of Engineering (BASE) foto: Ist

Dua program studi unggulan mereka, Automotive Robotics Engineering (ARE) dan Product Design Engineering (PDE), mencatatkan tingkat penyerapan lulusan sebesar 100% di industri.

Baru-baru ini, BINUS-ASO juga meluncurkan program studi Business Engineering untuk memperluas cakupan keahlian mereka.

Kurikulum di BINUS-ASO dirancang secara holistik, menggabungkan teori dengan praktik, serta menyediakan banyak kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu mereka dalam situasi nyata.

Kemitraan strategis dengan perusahaan terkemuka seperti Toyota, Astra Honda Motor, Polygon, Vivere, BCA, Blibli, Kawan Lama Group, dan Wings Group, memastikan lulusan BINUS-ASO siap terjun ke industri.

Kerjasama ini mencakup internship, rekrutmen lulusan, dosen tamu, FGD kurikulum, dan riset, yang semakin memperkuat keterkaitan akademik dan industri.

Untuk merayakan inovasi dan kreativitas sivitas akademika selama satu dekade, acara perayaan ini juga menampilkan pameran karya mahasiswa dari program studi Business Engineering, Automotive Robotics Engineering, dan Product Design Engineering.

“Pameran ini memberikan platform bagi mahasiswa untuk mempresentasikan hasil riset dan desain mereka kepada publik serta pakar industri,” kata Mr. Koichi Ito.

BINUS-ASO menekankan pada pembelajaran yang menggabungkan teori dengan pengalaman praktis menggunakan teknologi terkini. Pengajaran dilakukan dalam bahasa Inggris dan Indonesia oleh dosen berpengalaman dari Jepang dan Indonesia.

Selain itu, mahasiswa mendapatkan peluang untuk belajar di luar negeri melalui program summer course di Jepang dan magang di industri Jepang atau multinasional.

Editor.         : Asen.

Reporter.    : Marully

Loading