oleh

Catatan dari BARITO TIMUR (3): One Day Service untuk Pelayanan Publik

PATRAINDONESIA.COM (Tamiang Layang) – Pemerintah Kabupaten Barito Timur juga menaruh prioritas pada sektor-sektor publik seperti sektor pendidikan.

Salah satunya adalah memberi perhatian yang besar terhadap tenaga pendidik, yaitu dengan penggratisan rumah dinas bagi guru-guru.

Pada tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Barito Timur telah membangun 1 unit SMPN 5 Munsit Kecamatan Dusun Timur. Penambahan rumah guru sekolah, rehabilitasi/penambahan ruang belajar beberapa PAUD, SD, SMP dan menggratiskan seluruh guru yang menempati rumah dinas.

Dalam rangka mengisi kekosongan Kepala Sekolah telah dilantik 23 Kepala Sekolah (1 TK dan 22 SD). Program beasiswa kedokteran tetap dilanjutkan dan bertambah jumlah dokter yang diberi beasiswa.

One Day Services dan Non-Tunai

Selain pendidikan, kebutuhan publik juga mendapat prioritas. Semua OPD yang bersifat pelayanan (Dinas PMPTSP, Dukcapil, Industri Nakertrans, Perdagangan dan UKM, PUPR, Bapenda) bersama sama Bank Kalteng, Bank Mandiri, Kantor Bersama Samsat dan Kantor Pajak Pratama mengadakan One Day Service secara berkala di kecamatan – kecamatan dalam upaya mendekatkan pelayanan langsung ke tengah masyarakat.

Dinas kesehatan juga hadir untuk memberikan pelayanan pengobatan gratis.

Pemerintah Kabupaten Barito Timur sudah menandatangani MoO dengan Ombudsman RI dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Sehingga seluruh OPD memenuhi standar pelayanan publik.

Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sejak awal tahun 2024 seluruh penerima PAD (pemungut pajak dan retribusi) sudah menggunakan sistem elektronik alias non – tunai. (*/Red/PI)

Loading