oleh

Pj Bupati Barito Utara Hadiri Rakernas XVI Apkasi Tahun 2024 Dan Pembukaan Apkasi Otonomi Expo Tahun 2024

PATRAINDONESIA.COM (Jakarta) – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis menghadiri kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) sekaligus pembukan Apkasi Otonomi Expo (AOE) tahun 2024, bertrmpat di Hall A & B, Jakarta Convention Center (JCC) Indonesia dari tanggal 10-12 Juli 2024. Rabu (10/07/2024).

Kegiatan dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo, didampingi Ketua Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta dihadiri Gubernur, Bupati dan Pj Bupati seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Presiden Ir. H. Joko Widodo menyoroti kenaikan World Competitiveness Ranking Indonesia yang naik menjadi Posisi 27. Untuk itu, ia kembali menekankan pentingnya kecepatan dalam pelayanan Publik, Mobilitas barang dan orang untuk memenangkan Kompetisi Antar Negara.

“Dan setelah kita mengarungi dalam Lima Tahun ini, ini menjadi pengalaman kita bersama-sama. Betapa kita semakin matang, betapa kita semakin dewasa, betapa semakin pintar kita mengelola Daerah, mengelola Kabupaten, mengelola provinsi, mengelola Negara, mengelola Keuangannya, dalam mengambil kebijakannya, mengelola anggaran. Karena masa-masa Lima Tahun ke belakang memang betul-betul sebuah pengalaman yang tidak mudah,”ucap Presiden.

Presiden juga menyampaikan bahwa ke depan tantangan akan semakin rumit dan semakin Kompleks. Oleh sebab itu, ia meminta Daerah untuk Adaptif dan Berinovasi dalam mengembangkan Potensi Daerahnya masing-masing.

Sementara itu, Pj Bupati Barito Utara Drs. Muhlis mengatakan kegiatan Rakernas Apkasi dan Apkasi Otonomi Expo merupakan Agenda Rutin yang digelar setiap Tahun. Hal ini guna membahas isu-isu dan rencana Aksi Strategi dalam Pembangunan Daerah khususnya Kabupaten. Dimana Apkasi ini beranggotakan sebanyak 416 Kabupaten se-Indonesia.

“Apkasi Otonomi Expo menjadi salah satu ajang untuk memamerkan Potensi-potensi yang dimiliki oleh Daerah, seperti di Daerah kita ada kerajinan Anyaman Rotan, Seni Budaya, tempat Wisata serta Potensi – potensi lainnya yang ada di Daerah kita,” jelas Pj Bupati Barito Utara.

Selain itu, juga menjadi salah satu kegiatan untuk memperkenalkan Produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Komoditi unggulan yang ada di Daerah untuk memperluas target pemasaran dan dengan harapan menarik minat Investor untuk menanamkan modalnya di Daerah, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”Pungkas Drs. Muhlis.(Didi/Red/PI).

Loading