oleh

Universitas Bina Nusantara: Kreatif Lakukan Aksi Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan Hidup

PATRAINDONESIA.COM (Tangerang) – Mengambil tempat di tepi sungai Cisadane tepatnya saung Banksasuci (Bank Sampah Sungai Cisadane), jalan Taman Cisadane gang Muara Buntu, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang. Ratusan Mahasiswa Bina Nusantara (Binus) menggelar aksi pada hari Rabu (26/06/2024).

Aksi dengan mengusung tema “Cisadane River Bank Conservation,” terdiri atas Reuse, Reduce, dan Recycle atau 3R. Reuse yaitu menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce artinya adalah mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

Dr. Pantri Heriyati M.Comm (sebelah kiri), Suryadiputra Liawatimena (sebelah kanan)
Dr. Pantri Heriyati M.Comm (sebelah kiri), Suryadiputra Liawatimena (sebelah kanan)

Aksi ratusan mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas Bina Nusantara adalah dengan membuat taman “I Love You”, berbahan dasar sampah botol-botol plastik yang disusun dan di cat menjadi sebuah taman. Aksi juga mengenalkan metode membuat paving blok berbahan dasar sampah plastik.

Ketua Pelaksana Aksi Dr. Suryadiputra Liawatimena dalam keterangannya kepada PatraIndonesia.com memberikan penjelasan. Bahwa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswi Binus bersama Binus University Comunity Empowerment serta dukungan dari unit SSO (student support office) multi kampus dari TFI (Teach for Indonesia). Akan menjadikan program ini rutin kedepannya. Yang dilaksanakan bekerja sama dengan Banksasuci Foundation, dimana program ini merupakan rangkaian keberlanjutan dari kegiatan sebelumnya.

“Ke Cihuni tanam kiray, kali ini awasi bikin paving blok, karena mereka butuh yang namanya comunity service minimal tiga jam sebenarnya, untuk mereka langsung ke lapangan bermasyarakat, butuhnya apa kita bantu, kebetulan kita bertemu Banksasuci mereka butuh alat-alat ya kita bantu,”ujar Suryadiputra memberikan penjelasan.

Senada dengan Suryadiputra dan masih ditempat yang sama, Centre for Business and Social Empowerment Binus University Business School Dr. Pantri Heriyati M.Comm. memberikan keterangan,

“Ini bagian dari program Binus yaitu Binus university, misinya adalah postering and power Indonesian. Jadi kita memberdayakan masyarakat sekaligus juga lingkungan hidup. Jadi ini program yang kontinu yang kita lakukan terkait dengan kemitraan dengan Banksasuci. Tanggal 28 Mei kemarin kami juga membawa 140 mahasiswa itu untuk menanam pohon kiray di bantaran sungai Cisadane, untuk upaya reboisasi dan menahan longsor”, ujar Pantri.

“Kemudian kegiatan hari ini juga adalah kelanjutan sekaligus kita memberi wawasan sosial untuk mahasiswa kita, tidak cuma kehidupan kampus, tapi juga bagaimana mereka bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama dalam hal ini adalah dapat menjaga lingkungan. Selain itu juga dapat memanfaatkan barang-barang atau limbah agar dapat di recycle kembali demi kelangsungan ekologi dan kelestarian alam,”tutur Pantri yang membidangi divisi Pengembangan dan Pemberdayaan Mahasiswa dan Dosen di universitas Binus.

Sementara Thamrin sebagai pengelola saung Banksasuci di Jalan Taman Cisadane, berharap akan peran kaum akademisi dapat berkolaborasi dalam komunikasi perubahan, perilaku, dan memiliki semangat perubahan kedepannya. (Guskur/PI/red/).

Loading